Kamis, 18 Oktober 2012

Kain" Tradisional Indonesia

Men temen tau gak sie klo di Indonesia tu punya banyak banget kerajinan tradisional? hmm...kali ini yg mau Rita ulik tentang beberapa kain tradisional hasil kerajianan masyarakat Indonesia, diantaranya :
1. BATIK
Batik itu kain dengan motif tertentu yg dibuat dengan tehnik khusus, biasanya menggunakan malam, hasil kerajinan masyarakat Jawa. Biasanya malam ditorehkan secara manual dengan alat yg namanya canting untuk menghasilkan batik tulis yg berkualitas dan memiliki nilai jual tinggi. Atau bisa juga ditorehkan menggunakan lempengan besi bermotif yg biasanya disebut batik cap.
Dahulu batik hanya dikenakan orang jawa, namun sekarang batik sudah dikenakan semua orang di Indonesia bahkan dunia. Sehingga pada 2 Oktober 2009 dunia mengakui bahwa batik adalah Warisan Internasional asli Indonesia ( Masterpieces of the Oralan Intangible Heritage of Humanity ).
Contoh batik (motif ceplok kesatrian)




2. ULOS
Ulos adalah kain tradisional warisan budaya Indonesia yang berasal dari Sumatera. Ulos di kembangkan secara turun temurun oleh masyarakat Batak dengan menggunakan alat tenun tradisional yg dioperasikan secara manual, tidak menggunakan mesin.
 Contoh Ulos

3. SONGKET
Satu dari kain tradisional Indonesia lainnya adalah songket, yang biasanya ditenun menggunakan benang emas dan benang perak secara tradisional. Kain songket yang paling terkenal berasal dari Palembang dan umumnya dikenakan untuk acara- acara resmi atau adat.
Contoh kain Songket
 4. KAIN TAPIS
Kain tradisional hasil kerajinan masyarakat Lampung. Untuk menghasilkan kain tapis ini harus melalui tahap- tahap waktu yang mengarah pada kesempurnaan tehnik menenun dan mmemberikan ragam hias yang sesuia dengan perkembangan budaya masyarakat.
Contoh kain tapis




5. SASIRANGAN
Kain tradisional hasil kerajinan suku Banjar Kalimantan Selatan. Cara pembuatannya dengan tehnik tusuk jelujur yang kemudian diikat tali rafia untuk selanjutnya di celup.
Contoh kain sasirangan
6. TENUN IKAT
Kerajinan khas Indonesia yang berupa kain hasil tenunan benang pakan dan benang lungsin yang sebelumnya diikat dan dicelup bahan pewarna alami. Alat yang dipakai menenun adalah alat tenun tradisional. Daerah penghasil tenun ikat yg berkwalitas antara lain : Toraja, Sintang (KalBar ), Jepara, Bali, Lombok, Sumbawa, Sumba, Flores. Sedangkan Tenganan, Karangasem Bali adalah satu- satunya penghasil kain tenun ikat ganda yg biasa disebut kain GRINGSING.
Contoh tenun ikat



Nah smoga ulasan kali ini bisa menambah wawasan kita tentang budaya negri ini ya temen"...Terutama kain tradisional yang ada di Indonesia.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar